5 Film Korea yang Populer Sepanjang Masa

April 1, 2010

1) Tae Guk Gi

Sutradara           : Kang Je-kyu
Pemain              : Jang Dong Gun, Won Bin

Penulis naskah   : Kang Je-kyu
Genre                 : Perang, Drama, Laga, Sejarah
Dirilis                  : Februari 2004

Taegukgi Hwinallimyo adalah film tentang perang di Korea Selatan yang disutradarai oleh Kang-gyu Je, yang dirilis 2004.  Kisahnya tentang pengaruh Perang Korea pada dua saudara. Judul film adalah nama bendera pra-perang Korea serta bendera pascaperang Korea Selatan. Dirilis di Inggris sebagai Brotherhood: Taegukgi dan di Amerika Serikat sebagai Tae guk Gi: The Brotherhood of War

Kang Je-gyu mengarahkan dirinya sebagai sutradara dan juga penulis naskah, bahkan mampu menarik modal untuk proyeknya itu. Ia menghabiskan US $ 12.8 juta untuk produksi film yang dibintangi 2 aktor tampan Korea: Jang Dong Gun dan Won Bin. Film Tae Guk Gi dikenang sebagai salah satu kesuksesan terbesar dalam sejarah film Korea saat itu, menarik 11,74 juta orang ke bioskop, dan mematahkan pemegang rekor Silmido sebelumnya.

2) My Sassy Girl

Sutradara      :  Kwak Jae-young                                                                    
Pemain          : Jun Ji-hyun, Cha Tae-hyun
Penulis          : Kwak Jae-young
Berdasarkan  : Novel Kim Ho-sik
Genre            : Drama, komedi, roman
Dirilis             : Juli 2001

My Sassy Girl merupakan film komedi romantis yang disutradarai oleh Kwak Jae-yong yang dirilis tahun 2001. Cerita bermula dari seorang laki-laki protagonis bertemu dengan seorang gadis pemabuk di kereta api yang akan merubah hidupnya.

Film ini didasarkan pada kisah nyata yang menceritakan serangkaian surat cinta yang ditulis oleh Kim Ho-sik — yang awalnya memosting kisahnya di Internet dan kemudian diadaptasi menjadi novel.

Film ini sangat sukses di Korea Selatan dan menjadi mega blockbuster hit ketika dirilis di seluruh Asia Timur, seperti: Jepang, Cina, Taiwan, Hong Kong, Singapura, serta Asia Tenggara. Saat itu My Sassy Girl hanya bisa dibandingkan dengan Titanic. Sebuah remake My Sassy Girl dibuat Amerika — dibintangi oleh Jesse Bradford dan Elisha Cuthbert, dan disutradarai oleh Yann Samuell dirilis pada tahun 2008. Kemudian diadaptasi dalam drama Jepang dengan menampilkan Tsuyoshi Kusanagi dan aktris Rena Tanaka dan mulai ditayangkan pada April 2008.

3) A Tale of Two Sisters

Sutradara      : Kim Ji-woon
Pemain          : Im Soo Jung, Moon Geun-young, Yeom Jeong-ah, Kim Kap-su
Penulis           : Kim Ji-woon
Berdasarkan : Janghwa, Hongryeon (cerita rakyat)
Genre             : Horor, Misteri, Drama, Psikologis
Dirilis              : Juni 2003

Film ini terinspirasi oleh Dinasti Joseon yang mempunyai cerita rakyat berjudul “Janghwa Hongreyon-jon”, dan telah diadaptasi beberapa kali untuk film.

Sebuah  kisah 2 saudara perempuan yang mendapat tinjuan kritis, namun sangat positif di berbagai kalangan. Di antaranya memenangkan Best Picture pada 2004 pada International Fantasy Film Awards (Fantasporto). Film ini adalah film horor Korea paling sukses dan yang pertama diputar di bioskop Amerika  dan meraup $ 72.541 di Amerika Serikat. Remake-nya dibuat di Amerika dengan judul “The Uninvited” yang dibintangi Emily Browning dan Arielle Kebbel pada tahun 2009.

4) Welcome to Dongmakgol

Sutradara     : Park Kwang-hyun      
Pemain         : Shin Ha-kyun, Jeong Jae-yeong, Kang Hye-jeong, Seo Jae Kyung, Steve Taschler
Penulis          : Kim Joong, Park Kwang-hyun
Berdasarkan:  Jang Jin
Genre           : Drama, Perang, Komedi
Dirilis            : Agustus 2005

Film ini mengambil seting perang Korea. Selama Perang Korea, sebuah pleton tentara Korea Utara diserang. Lee yang hanya seorang Komandan dan anak prajurit Jang Taek Ki selamat dari pembunuhan. Setelah bertemu seorang gadis cantik bernama Yeo Il, dia kembali ke desanya, sebuah tempat laiknya surga, yang dikenal sebagai Dongmakgol.

Di kota ini luka peperangan dilupakan penduduk setempat dan mereka meneruskan kehidupan mereka. Karena ketidaktahuan mereka terhadap situasi politik, para penduduk desa melihat ada yang salah dengan menyambut dua tentara Korea Selatan, Letnan Pyo dan seorang tenaga medis yang pengecut. Ditambah lagi dengan pendaratan darurat yang dilakukan Kapten Smith, seorang pilot Amerika Bisa ditebak, desa yang seperti surga itu dihancurkan.

5) The Chaser

Director   :  Na Hong-jin                                                                                                                                                                     Pemain    : Kim Yoon-seok, Ha Jeong-woo
Penulis    : Hong Won-chan, Lee Shinho, Na Hong-jin
Genre      : Kriminal, triler, drama
Dirilis       : Februari 2008

Berkisah tentang Joong-ho seorang mantan polisi dan berbalik haluan menjadi germo.  Berkisah tentang suatu malam di mana dia mendapat telepon dan ia mengirimkan Mi-jin, salah satu dari beberapa gadis yang masih tersisa.

Kemudian ia menyadari bahwa pelanggan yang sama adalah orang terakhir yang melihat gadis-gadisnya yang hilang, dan ia percaya bahwa Mi-jin mungkin dalam bahaya.

Film ini diinspirasi oleh kisah nyata, namun dibuat dengan beberapa perbedaan; pembunuh berantai Yoo Young-chul dan pemburu tersebut (germo) Youn-jae Chung

(Sumber: Wikipedia dan Popseoul http://bit.ly/d74ZP1)

 

Taegukgi_film_posterMy_sassy_girl_posterA_tale_of_two_sisters_filmWelcome_to_dongmakgol_posterThe_chaser_film_poster

One Response to “5 Film Korea yang Populer Sepanjang Masa”

  1. alamanda Says:

    Ane suka banget gan sama yang nomer 1. Ceritanya penuh konflik, dan sejarahnya kena banget!. Film ini ngajarin ane ttg pengorbanan, dan cinta keluarga gan. Nice info, gan. Next time, kasih kita referensi film perang dari asia yang gak kalah keren ya gan ^^


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: