Film Korea Il Mare Diadaptasi Hollywood

Juli 30, 2006

lake_house.jpg il_mare.jpg

Setelah film My Sassy Girl, satu lagi film Korea yang berhasil memikat kalangan Hollywood, yaitu Love Letter Box. Film Love Letter Box atau yang juga bisa disebut Siworae atau Il Mare yang ditayangkan pada tahun 2000 itu disutradari oleh Hyun-seung Lee. Film ini ditulis oleh Jina Yeo berdasarkan karya novelis kondang Korea Jiro Asada. Versi Korea-nya film ini dibintangi oleh Jeon Ji-Hyeon berperan sebagai Un-ju – yang juga menjadi pemeran utama wanita dalam My Sassy Girl—yang beradu akting dengan Lee-Jeong-Jae sebagai Sung-hyon.

Dalam versi Hollywood, film ini bersalin nama menjadi The Lake House, disutradarai oleh Alejandro Agresi yang dibantu David Auburn sebagai penulis naskah. Sedangkan sebagai tokoh utama film yang diproduseri Warner Bros Pictures ini kembali menyandingkan Keanu Reeves dan Sandra Bullock setelah pertemuan mereka sebelumnya di film box office Speed.

Love Letter Box bercerita tentang Sung-Hyon (Lee Jeong-Jae) yang hidup di tahun 1997 menerima surat dari Un-ju (Jeong Ji-Hyeon) seseorang yang hidup 2 tahun berikutnya (1997). Keduanya mulai berkomunikasi meski terpisah jarak dan waktu. Apakah dua orang yang berbeda zaman itu akan bertemu dan bahagia selamanya? Atau apakah mereka tetap saling terpisah dengan kehidupan masing-masing?

Dalam film The Lake House (dikutip dari Koran Tempo, edisi Jumat, 14 Juli 2006) dikisahkan sebuah rumah kaca yang lengang di antara daun-daun cokelat yang berjatuhan ke tanah. Berada di depan sebuah telaga yang berkilauan bila tertimpa sinar mentar, rumah itu memang memiliki pemandangan menakjubkan. Meski berat untuk meninggalkannya, dr. Kate Forster (Sandra Bullock) harus segera menempati apartemen barunya yang terletak di sebuah sudut kota Chicago.

Sebelum pergi, ia meninggalkan sepucuk surat buat penyewa rumah selanjutnya. Surat yang ia letakkan di kotak pos dekat jembatan kayu di depan rumah danau itu, ternyata menjadi penghubung dengan arsitek muda yang menempati rumah itu, Alex Wyler (Keanu Reeves). Hanya ada satu masalah, mereka terpisah oleh waktu.

Dalam surat balasannya, Wyler menyebutkan bahwa sebelum ia tinggal di rumah kaca itu, belum pernah ada orang yang tinggal di sana. Setelah perdebatan dalam beberapa kali korespondensi, mereka baru sadar bahwa Wyler hidup pada tahun 2004, sedangkan Forster hidup pada 2006.

Meski terpisah waktu, keduanya terlibat jalinan asmara yang dalam. Demi cintanya, Wyler pun menyempatkan diri untuk menenui Forster pada 2004, meski gadis yang tengah menempuh kuliah residen dokter itu tak menyadari siapa Wyler sebenarnya.

Secara logika, film ini mungkin akan menimbulkan banyak pertanyaan bagi penonton. Misalnya, mengapa Wyler tak mendekati Forster saat bertemu pada tahun 2004? Juga pertanyaan tentang seekor anjing yang ternyata juga menjadi milik mereka berdua dalam periode yang berbeda.

Namun yang pasti, kedua film ini, baik yang dikemas ala Korea mupun Hollywood mampu mengemas aroma cinta di antara dua tokoh utamanya. Sehingga, meski terganggu dengan logika cerita, penonton seperti dituntun untuk menekuri gambar-ganbar indah sembari menunggu apakah keduanya bertemu.

Satu hal yang patut diacungi jempol, sutradara Hollywood dengan “gentle” menyebutkan karyanya sebagai karya adaptasi dari film Korea. Jauh berbeda dengan sutradara Indonesia yang tidak pernah mau berbesar hati, yang jelas-jelas telah menjiplak karya orang lain (Princess Hours), tanpa mau menyebutkan sumbernya, seperti sinetron Benci Bilang Cinta yang tengah diputar di SCTV.

34 Responses to “Film Korea Il Mare Diadaptasi Hollywood”

  1. ipeh Says:

    hmmm…
    kyanya rame nieh,biar yg versi korea udh lma tayang!pgen nonton yg versi hollywood-nya tp blom sempet..
    ak udh baca jg dkompas klo diadaptasi dri serial korea..
    salute bwt dorama korea!!

  2. pipit Says:

    aku udah nonton dua2nya. mau tau penilaianku? versi hollywood masih kalau jauh versi koreanya! Akting Jeong Ji-Hyeon (itu sih, cewek jutek dalam My Sassy Girl) bagus banget. kalo dibandingin ama Sandra Bullock di Lake House, masih top si Jeong Ji-Hyeon dong!

  3. mprit Says:

    anyong haseyo!

    keren bgt ni film. pokoknya wajib nonton deh! bener2 akhir yang gak terduga. suedih…dih…dih…! Jeon Ji-hyun keren!

  4. wisnushiwa Says:

    ya tadi malam nonton the lake house dulu baru nonton il mare. udah jadi rahasia umum versi koreanya pasti lebih bagus dari versi hollywoodnya. keren banget puisi-puisi cintanya. dalem gituch…Bener akting Jeon Ji-hyun keren habis. jadi pingin nonton my sassy girl & windstruck lagi…(ehm…mengapa (tidak ) menonton film korea ? please klick http://www.tribhuanadevi.blogspot.com

  5. goeve Says:

    duh blm nonton ney… jadi mupenk. btw, sassy girl is one of my fav

  6. uwi Says:

    anyong haseyo…
    Il Mare “laut”, kenapa pilih bhs Itali yach bwt judulnya
    ?KEREN, FILM KEREN, emang creative yg bikin ide ceritanya ini, “di waktu yg berbeda, sepasang manusia tetap bisa merasakan cinta, anggung bgt yach yg namanya CINTA tuch”, tapi sayang, Q gak bgt setuju dg ending yg terkesn dipaksakan, agar keduanya dipertemukan. kenapa Sung-Hyon yg harusnya mati pada th 1998, tiba2 gak jadi mati dan akhirnya ketemu ama Un-ju??? terlalu aneh, dan gak nature, terlalu melawan kodrat gitu…hrsnya mati ya mati, gak lantas berubah. coba tonton Ditto, yg kayanya direalize after Il Mare, lbh berasa banget the amazing fenomena-nya.but this film is still a great film, and I love it.

  7. fena_haengbookae Says:

    Aku belum nonton filmnya sih, tp aku seneng coz finally, Hollwood juga mengadaptasi film dari Asia. Moga-moga ke depan, dunia budaya populer nggak lagi didominasi oleh American n Hollywood…tapi orang Asia bisa menciptakan budaya populernya sendiri dipelopori oleh Daehan Minguk alias Korea dgn Hallyu Wavenya.
    Maju terus Asia n Korea!!! Aja, Aja, Fighting!!!!

  8. Melisa Says:

    Wow, aku baru tau tuh kalo The Lake House diadaptasi dari film Korea. Aku blom nonton sih versi Koreanya. Jadi pengen nonton nihh..Btw The Lake House aku nonton mpe 2* loh, tu karena aku suka ma Keanu Reeves sihh..
    Kayaknya dari referensi versi Korea nya lebih OK d, harus nonton nihh…

  9. acasya Says:

    the lake house manQ cerita rada membingungkan but setelah nonton ampe abiz baro deh ngerti…. semacam dejavu gitu khan…

  10. andin Says:

    aduuuuhhh lake housenya bikin gregetan,sebetulnya mereka ktemu bneran ga sih di th 2008??
    alexnya inget dia punya janji utk nyaMPERIN KATE DI 2008 COZ KATE YANG MINTA UTK GA NYARI2 DIRINYA DAN DTG KE LAKE HOUSE DUA TAHUN LAGI.RIGHT??
    SO MEREKA EMAng bner ktemu kan…….????blzzzzzzzzz

  11. fonda mahardhera Says:

    bagusss…..bgt…apalagi pas mo ending….wah pokoknya berdebar bgt…endingnya nrenyuh bo…!!!
    selain itu, dikemas dg cara yg bener2 bgs bgt…!!!
    bene2 natural dan gak dibuat2….selain itu…romantis abisss bo..!!!
    pokoknya rugi dech klo gak nonton….
    TTTTTTTTTTTOOOOOOOOOOOOPPPPPPPPPPPPPP dech IL MARE…salut bwt cowoknya…!!!

  12. e_tiNa Says:

    duh.. blom ntn 2-2nya..
    cm kata yg da ntn Lake House, ending nya krg tragis.. andai kata dibuat ga ‘jadi’, bakalan lebih sedih en menyentuh hati.
    komentar buat film jiplakan.. sayang ya Indonesia ga kreatif, terutama dlm bidang persinetronan. banyak bgt yg nyontek drama luar (mandarin, baik korea, taiwan, ato jepang). contohnya Kau masih Kekasihku (dr At the Dolphin Bay), Benci Bilang cinta (dr PH,mana Marshanda maennya jelek bgt lg, apalagi baim wong,, duh), trus satu lg yg bikin gw miris sama drama indonesia adlah Buku Harian nayla. awalnya gw kagum krn bisa bikin drama yg beda dr biasanya, eh pas diinget2 ternyata ini adl adaptasi dr A Little Tear..
    hello manusia2 di ph sinetron indonesia.. gmn nih? masa smua mo adaptasi.. kalo pun asli buatan indonesia, pasti penuh mistis ato kekerasan.

  13. anicea Says:

    gw baru nonton versi holywood doang, bgus bgt filmnya, romantis euy, keanu reeves cakep bgt….
    gw penasaran ama versi koreanya….
    gw rasa cowo2 kudu nonton film kayak gini, biar mereka bisa bljr setia, like ‘alex’, so sweet….
    i luv this movie so much…..


  14. […] Film Korea Il Mare Diadaptasi Hollywood […]

  15. denny Says:

    gw udah nonton yang versi koreanya… awalnya sempet bingung coz Un-ju kirim surat taon 1999 trus si Sung-hyunnya di taon 1997.. tapi pas di pertengahan baru nyadar klo emang beda taon…
    klo yang versi hollywoodnya blm sempet uy.. tapi baca comment dari kalian kayaknya bagus juga… jadi pengen ntn…

  16. summerstar Says:

    film ini bener-bener baguuuuuuuusssssssss banget, walau nggak bisa dilogika, tapi buat apa mikir pusing-pusing kalo ceritanya bagus, iya kan?

  17. ageng Says:

    makin lama film korea digemari juga ya

  18. rinto Says:

    semua film korea mengambil konflik yang sederhana dan pengambilan gambar yang banyak orang suka dari cahaya dan apapun itu. sehingga banyak juga film yang bisa bikin kita berfikir dan mendapatkan solusi didalam hidup kita sendiri. thats wonderfull.

  19. Joy Says:

    Menurut aku sih the lake house keren banget , apalagi Sandra Bullock , dia kan artis paling keren. Aktingnya bagus. Kalo di Il Mare sih aku belum nonton, tapi sekeren-kerennya tetep aja The lake house tetep lebih bagus karena ada Sandranya

  20. ninit Says:

    Film korea emang keren abizz…natural banget…so pasti banyak yang minat…apalagi indonesia, temen-temen kita…banyak yang gemes pengen jiplak…he..he…asal mau jujur bahwa kita adopt dari film korea…kita ga protes koq…so jadilah orang yang jujur. Okey…ntar income yg didapat bisa Barokah…kira-kira gitu dech…!!Thanks.

  21. Agung Says:

    Tidak ada yang aneh dalam cerita film ini. Semuanya logis. Dengan menambahkan satu asumsi, bahwa sejak mengalami kecelakaan, Alex Wyler mengalami amnesia. Ya, dia hidup di waktu yang sama dengan Kate, yaitu 2006. Namun waktu berhenti baginya. Coba deh tambahin asumsi ini ke dalam cerita, semua nampak begitu jelas. Nampak begitu nyata dan tidak ada keajaiban. 🙂

  22. Dewi Hantika Says:

    nge-gemezn……tau ga sich loe,,,,,,

  23. ai Says:

    aduhh..

    film korea.na lbih menyedihkan deh daripada holywood.na..

    aq nangis waktu su-hyun mati..

    ternyata cinta mereka putuz sudah..

    bner2 deh ne film TOP JEMPOL


  24. Ass filem korea sangat bagus

  25. shizuka Says:

    It’s Very EXCELENT!!!!!

    Aq ru liat il Mare…

    Bagus bngt!!!!
    Walaupun terpisah jarak dan waktu tapi…
    Cinta tetap Cinta kan????

  26. reza Says:

    kalo saya lebih suka lake housenya sih jujur

  27. tips online Says:

    pengen liat nih pilm nya..

  28. arumaarifu Says:

    Sumpah Lake House Keren…

  29. ayu Says:

    indosiar putarin drama taiwan love of the aegean sea 2004 lalu please,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  30. ayu Says:

    indosiar tolong ya putarin drama taiwan love of the aegean sea yang di bintangi alen seu dan chei rim

  31. ayu Says:

    ditayang setiap sore ya please…i like love of the aegean sea

  32. ayu Says:

    aq suka banget drama love of hte aegean sea tolong ya di putarin dramanya………… putarin……………………putarin…………..putarin

  33. fellicia Says:

    anyeong haseo.. i love il mareeeeeeeeee

  34. fellicia Says:

    indosiarrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrrr
    puterin dong il mareeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee
    ditahun 2011 iniiiiiiiii


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: